Hidupkan Sunnah Nabi, Karyawan dan Dosen UMP Berbondong-bondong I'tikaf

Hidupkan Sunnah Nabi, Karyawan...

  Untuk menghidupkan suasana kampus yang kental dengan nuansa keislaman selama Ramadhan, banyak sekali kegiatan yang dilakukkan oleh mahasiswa maupun dosen dan karyawan UMP. Kebanyakan dari kegiatan tersebut berpusat di Masjid K.H Ahmad Dahlan. kali ini Masjid tersebut penuh dengan dosen dan karyawan yang berbondong-bondong melaksanakan i'tikaf. I'tikaf artinya berhenti (diam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, semata-mata dengan niat beribadah kepada Allah. I'tikaf sunnah dilakukan setiap waktu, tetapi yang paling utama (afdhal) jika dilakukan dalam bulan Ramadhan. Kegiatan i'tikaf ini dilaksanakan pada tanggal dari 10-19 Juni 2017. Satu sesi i'tikaf dilaksanakan selama 4hari 3 malam. Kegiatan i'tikaf di UMP telah terjadwal dan terencana sebelumnya sehingga kegiatan terorganisir lebih baik. Adapun contoh kegiatan yang dilaksanakan yaitu seperti sahur bersama, pengajian, tadarus makna, sholat fardhu berjamaah, dzikir, tadarus mandiri serta Tarkizul i'tikaf (ber-tawajjuh kepada Allah dengan melakukan Shalat, dzikir, munajat, atau tadarus Al-Qur'an secara mandiri. Ada banyak materi yang sangat bermanfaat yang diangkat dalam acara i'tikaf ini. Pembicara yang dihadirkan juga bukan hanya dari kalangan ustadz di UMP namun juga dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas. Salah satu contoh materi yang sangat bermanfaat adalah materi 'Akhlak dalam Kehidupan Keluarga' oleh Drs. H Ahmad Kifni. Dengan adanya materi ini diharapkan keluarga dosen dan karyawan senantiasa menjadi keluarga yang lebih sakinah mawaddah warohmah agar dapat menjadi contoh keluarga Islami bagi lingkungannya. Selain materi diatas, ada juga sesi yang tidak kalah menarik yaitu teori dan praktik Ruqyah Syar'iyah oleh Tim Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI). Materi ini dirasa sangat bermanfaat karena setelah Ruqyah tingkat keimanan akan meningkat dan hal-hal yang kurang baik dalam diri dapat dikurangi. Setelah sukses dengan sesi i’tikaf di dalam kampus, UMP juga mengirimkan puluhan  pembicara untuk mengisi ceramah serupa di 12 Masjid di wilayah Banyumas. Hal ini dimaksudkan untuk semakin meluasnya ilmu yang bermanfaat bukan hanya di dalam kampus tetapi juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Acara ini sudah dilakukan setiap tahunnya, hanya saja pada tahun lalu hanya ada 4 Masjid dan sekarang meningkat menjadi 12. Harapan untuk i'tikaf tahun mendatang, dosen dan karyawan dapat menjadi pioneer untuk melaksanakan i'tikaf di daerahnya masing-masing. Sehingga kebiasaan baik yang telah lama diterapkan di UMP dapat menjadi panutan bagi...

Dramaturgi PBSI UMP Siap Tampil di Jogja

Dramaturgi PBSI UMP Siap Tampi...

Berlangsung dengan sukses acara Dramaturgi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto ( PBSI FKIP UMP ) yang bertemakan Pementasan Dramaturgi A3, kemarin pada tanggal 13-15 Juni 2016 di Auditorium Ukhuwah Islamiyah.  Pementasan ini merupakan salah satu mata kuliah wajib, dramaturgi, yang berjumlah 2 SKS dengan melibatkan seluruh mahasiswa semester 6 angkatan 2014 yang di ampu oleh Edi Romadhon dan Soni Asmoro.  Tidak tanggung-tanggung tiga naskah penulis Nasional di garap oleh kelompok yaitu, ARTA ANGGABAYA Naskah "Balada Orang-Orang Terusir" karya Aryaguna yang di Sutradara  Laeli Nurul J. N, PARAMARTA Naskah "Lautan Jilbab" karya Emha Ainun Najib (Cak Nun)yang di Sutradara Diana Rosshinta, GANDONATANaskah "Sang Bedaya" (adaptasi novel Ronggeng Dukuh Paruk) karya Ahmad Tohari yang di Sutradara  Fiqih Irvan Asyafi.               dalam pementasaan ini bapak Tri Wintolo,  yang selama ini banyak mendampingi kegiatan pementasan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dengan Kyai Kanjengnya hadir menyaksikan pentas.  Pak Wintolo mengatakan, pentas malam ini merupakan pentas terbaik selama 10 tahun terakhir dari sejumlah pentas yang disaksikanya pada sejumlah perguruan tinggi. Pak Win siap menjadi mediator untuk  mahasiswa yang tampil sukses malam ini bisa tampil di UGM.  Beliau akan mengenalkan pentas apik malam ini pada Prof.  Dr. Faruk HT (Pusat Studi Kebudyaan UGM), diberi kesempatan tampil di kota budaya,  Yogyakarta,  khususnya di UGM. Akan disaksikan secara langsung oleh Emha Ainun Nadjib dan isteri.               Sony juga mengatakan, persaingan menjadi guru semakin ketat, hal itu ditandai dengan makin banyaknya lulusan PBSI dari kampus lain. Oleh karenanya, mahasiswa UMP harus ada nilai lain yang bisa diunggulkan yaitu peningkatan softskill. “Salah satu upaya kami untuk menambah keterampilan menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia yaitu mempunyai keterampilan lebih dalam berteater, membaca puisi, dan terlibat kesenian lain,” ujarnya.               Pementasan dramaturgi ini dilaksanakan selama 3 hari, menampilkan 3 pementasan. Dengan penampilan per-harinya 1 yang  berjumlah 40an mahasiswa. Dosen akan menilai tiap mahasiswa yang akan beradu kelihaian satu sama lain baik dari segi isi ataupun tampilannya. Isi pementasannya beragam, namun kebanyakan berupa kritik sosial dalam kehidupan bermasyarakat, Keislaman dan Budaya yang disajikan dengan Drama Kolosal.               Tim Produksi dramaturgi Wildan Aji Saputra mengatakan pementasan ini berlangsung dengan lancar dan...

Ajak Siswa Peduli Sesama, SD UMP Rutin Adakan Bakti Sosial

Ajak Siswa Peduli Sesama, SD U...

Dalam bulan ramadhan yang suci ini, mengajarkan anak dalam hal kebaikan adalah saat yang sangat tepat. Terlebih pada usia anak yang mudah menerima apa saja yang ia lihat dan dia pelajari. Inilah yang menjadi alasan mengapa SD UMP sangat meggalakkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang melibatkan anak-anak. Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh SD UMP di dalam maupun di luar sekolah. Salah satu kegiatan yang dilakukan diluar sekolah yaitu Bakti Sosial (Baksos). Baksos SD UMP adalah acara rutin tahunan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan. Tahun ini, acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2017 di 3 lokasi, yaitu di Jalan Penatusan Purwokerto, Desa Dukuhwaluh dan Desa Karangnanas. Ratusan bingkisan berisi sembako telah disiapkan untuk didistribusikan. Setidaknya ada 440 paket telah diterima masyarakat di ketiga lokasi tersebut. Sejumlah 280 paket untuk masyarakat Karangnanas, dan masing-masing 80 untuk warga Penatusan dan Dukuhwaluh. Pembagian sembako di Desa Karangnanas berbeda dengan kedua lokasi lainnya. Dalam rangkaian acara di Karangnanas, ada acara sambutan oleh pihak masyarakat dan sekolah disertai dengan tausiyah untuk meningkatkan ketaatan dalam beribadah. "Ketika kita taat beribadah kepada Allah, insya Allah keberkahan akan selalu ada." tutur H. Sunhaji, S.Ag, Kepala SD UMP. Dengan adanya tausiyah ini mereka tidak hanya menerima barang dalam bentuk fisik namun juga santapan rohani sehingga lebih lengkap. Selain meningkatkan kepedulian sosial terhadap anak, melalui acara ini juga masyarakat diharap dapat mengambil motivasi dari SD UMP yang bervisi Islami, Akhlaq, Unggul. Dengan demikian, SD UMP tidak hanya memberikan hal positif untuk kalangan intern namun juga untuk masyarakat ekstern.  

Jadikan Limbah Kaca Campuran Semen, UMP Juara di GCC 2017

Jadikan Limbah Kaca Campuran S...

Bertanding ide pengembangan konstruksi di Indonesia yang ramah lingkungan dan ekonomis dengan perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil memukau dewan juri dengan inovasi beton yang diusung tim mahasiswa Fakultas Teknik UMP. Menggunakan nama tim “Newbie Bravery”, Fajar Yusup, Irfauzi Firman H, dan Fernanda Wisnu Hanggara meraih juara ke-III pada ajang Lomba Beton Nasional Green Concrete Competition (GCC) 2017 yang diadakan di Universitas Negeri Malang, baru-baru ini.

Dramaturgi 2017, PBSI Tampilkan Drama Kolosal

Dramaturgi 2017, PBSI Tampilka...

Aplikasikan teori di kelas, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PBSI FKIP UMP) akan gelar pementasan teater pada 13 – 15 Juni ini. Ada yang baru dalam pementasan Dramaturgi 2017, pementasan yang terdiri dari tiga kelompok mengangkat naskah berbeda, dengan bertemakan Kolosal.

Dorong Ekonomi Indonesia, UMP Kaji Human Capital

Dorong Ekonomi Indonesia, UMP ...

Kompetensi sumber daya manusia atau human capital dan kewirausahaan, menjadi poin penting dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Membaca strategisnya kedua peran tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Memenangkan Persaingan Bisnis Global Dengan Berbasis Human Capital Terkini” di Aula AK Anshori, UMP, baru baru ini.

Dominasi Kejurprov Junior Arung Jeram 2017, Mahasiswa UMP Sabet 1 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu

Dominasi Kejurprov Junior Arun...

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil sabet 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Arung Jeram Junior 2017 yang diadakan di Sungai Elo, Magelang minggu lalu. (20-25/5).

Belasan Mahasiswa UMP Kembali dari PPL Internasional

Belasan Mahasiswa UMP Kembali ...

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkomitmen memberikan pengalaman internasional untuk mahasiswa dan dosen. Salah satunya melalui program Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) internasional. Langkah tersebut merupakan strategi UMP menyongsong menjadi perguruan tinggi berbasis penelitian level dunia pada 2031 mendatang.

English Camp, Strategi Tingkatkan Pelayanan Berbahasa Inggris

English Camp, Strategi Tingkat...

Internasionalisasi kampus, terus digencarkan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Gerakan tersebut masuk ke seluruh lini progam maupun struktural. Baru baru ini dijalankan program “English Camp 2017”, sebuah strategi pemberdayaan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi karyawan dan doses.

Bidik Jurnal Internasional, Puluhan Dosen Tingkatkan Kompetensi Menulis

Bidik Jurnal Internasional, Pu...

71 Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) diberikan pelatihan khusus kepenulisan ilmiah oleh LPIP UMP, baru baru ini. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan menulis jurnal yang dapat menembus level internasional.

Laporan Utama

UMP Adakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

16 Dec 2015
UMP Adakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Tahun Akademik 2016/2017, Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan kembali melaksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Sebagai rangkaian sosialisasi PMB TA 2016/2017, Rabu (16/12) Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (BPMB) UMP mengadakan sosialisasi penerimaan...

BKKBN Gandeng UMP Bahas Pembangunan Kependudukan!

30 Dec 2015
BKKBN Gandeng UMP Bahas Pembangunan Kependudukan!

Purwokerto, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) gandeng Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) adakan kuliah umum bertajuk “Melalui Revolusi Mental Kita tingkatkan Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana Serta Pembangunan Keluarga (KKBPK)...

CDC UMP Gelar Workshop Entrepreneurship

30 Dec 2015
CDC UMP Gelar Workshop Entrepreneurship

Purwokerto-Pengembangan jiwa entrepreneur harus dimulai sejak dini, untuk itu Career Development Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto (CDC UMP) menggelar entrepreneurship workshop 2015, dengan mengangkat tema yang bertajuk “how to create your own...

Eratkan Silaturahmi, UMP Adakan Ramah Tamah Unsur Pimpinan

28 Jan 2016
Eratkan Silaturahmi, UMP Adakan Ramah Tamah Unsur Pimpinan

Jelang akhir masa jabatan pimpinan terkait periode 2013-2016, jajaran rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang diwakili oleh Rektor, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho SAg,...

Fakultaria

Satria

Laporan Khusus

Figur

WR I UMP Terpilih Jadi Ketua Umum HW Jateng

05 Oct 2016
WR I UMP Terpilih Jadi Ketua Umum HW Jateng

Mantap, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Anjar Nugroho, SAg, MSI terpilih menjadi Ketua Umum Hizbul Wathan Jawa Tengah periode 2016-2020. Anjar yang juga pernah menjabat sebagai Wakil...

Inspiratif

Fotografi

Hikmah

Opini

Prestasi

Kemahasiswaan

Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239