Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Jadikan Limbah Kaca Campuran Semen, UMP Juara di GCC 2017

Bertanding ide pengembangan konstruksi di Indonesia yang ramah lingkungan dan ekonomis dengan perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil memukau dewan juri dengan inovasi beton yang diusung tim mahasiswa Fakultas Teknik UMP. Menggunakan nama tim “Newbie Bravery”, Fajar Yusup, Irfauzi Firman H, dan Fernanda Wisnu Hanggara meraih juara ke-III pada ajang Lomba Beton Nasional Green Concrete Competition (GCC) 2017 yang diadakan di Universitas Negeri Malang, baru-baru ini.

 

 

Lomba yang mengusung tema “Inovasi Beton Self Compacting Concrete yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis untuk Mendukung Konstruksi di Indonesia” diikuti oleh 26 tim dari seluruh Universitas di Indonesia. Lomba ini terbagi dalam dua tahap, yakni tahap pengumpulan proposal dan tahap final.

 

Tim Newbie Bravery melaju ke tahap final dengan mengusung inovasi “Pemanfaatan Serbuk Limbah Kaca Dan Abu Sekam Sebagai Powder Dalam Self Compacting Concrete”. Tim ini mampu memanfaatkan limbah sebagai pengganti sebagian semen pada beton sehingga mampu menjawab permasalahan lingkungan serta menghemat biaya material pembuatan beton hingga Rp. 128.725,- atau sekitar 12,10% tiap m3 beton dari beton konvensional.

 

“Pada tahap final, semua tim ditantang untuk menguji kuat tekan beton inovasi, menguji flowability beton serta mempresentasikan inovasi yang diusulkan. Dengan persiapan hampir satu bulan dan dukungan penuh dari pimpinan dan dosen Fakultas Teknik, Tim Newbie Bravery mampu memenuhi semua aspek penilaian,” ungkap Ketua Tim, Fajar Yusup. (fif/nrl/gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239