Kemahasiswaan
PPL Internasional di UMP Mendapat Aprisiasi
Sabtu 16 Februari 2019      Kemahasiswaan
PPL Internasional di UMP Mendapat Aprisiasi

Program Praktik Lapangan (PPL) Internasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) kembali menggandeng University Tecnology Malaysia (UTM). Sedikitnya 7 Mahasiswa UTM tengah mengikuti program PPL Internasional UMP yang ditempatkan di tiga sekolah, yakni SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto, SMA N 3 Purwokerto dan SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto.

Kepala SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto Drs Supriyadi, M.M mengucapkan rasa bahagianya karena sekolahnya menjadi salah satu sekolah pilihan yang ditunjuk oleh UMP untuk menjadi tempat pelaksanaan PPL Internasional.

“Dengan dijadikannya sekolah kami menjadi salah satu tempat pelaksanaan PPL Internasional menambah kepercayaan diri seluruh element sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah,” katanya. 

Senada dengan itu, Kepala SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto Siti Ngatiatun SPd menuturkan banyak terimakasih kepada UMP. “Dipilihnya sekolah kami untuk menjadi salah satu sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan PPL Internasional menjadikan banyak hal yang dapatkan, semoga mahasiswa UTM betah di sekolah kami dan dapat berbagi ilmu dengan seluruh element sekolah,” ungkapnya.

Perwakilan Dosen UTM Prof Dr Mahani Binti Mokhtar berharap mahasiswanya yang mengikuti PPL Internasional yang ditempatkan di Purwokerto dapat belajar banyak tentang sistem pendidikan di Indonesia, belajar juga dengan budaya Indonesia sekaligus belajar cara kerja guru-guru di Indonesia untuk mempelajari proses pembelajaran.

“Semoga dengan pengalaman itu mereka akan membawa pulang ilmu-lmu yang telah didapatkan ke Malaysia dan dapat dibagikan kepada teman-temannya yang belum berkesempatan ikut, dan ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal untuk menjadi guru yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Program Internasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Lutfi Istikharoh MPd mengikuti acara penyerahan mahasiswa UTM  ke masing-masing sekolah. “Ia menuturkan PPL internasional akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Februari hingga 08 Maret 2019,” katanya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKIP Arifin Suryo Nugroho, MPd dalam penyerahan mahasiswa UTM ke masing-masing sekolah menuturkan, besar harapan kami dengan adanya PPL Internasional ini dapat memperkuat kerjasama antara UMP dan sekolah-sekolah yang kami tunjuk.

Sementara itu, Hanifah Al Shofianthi, S.S. Staff KUI menjelaskan kerjasama antara UMP dan UTM dalam program PPL Internasional telah dilaksanakan sejak tahun 2017.

“Itu sudah diawali UMP mengirim mahasiswa ke UTM untuk mengikuti PPL Internasional disana. Tujuan PPL Internasional ini pertama memberikan pengalaman bagi mahasiswa mitra luar negeri untuk mengajar di Indonesia khususnya di Purwokerto, Kedua Membuka wawasan mahasiswa terkait dengan pembelajaran dan kurikulum di Indonesia, Ketiga memperkaya pengetahuan mahasiswa terkait dengan budaya sekolah, peraturan dan sistem pendidikan, Keempat sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK), UMP membantu guru serta siswa siswai sekolah mitra untuk mendapatkan wawasan baru tentang dunia pendidikan, kelima tentunya untuk promosi UMP serta memperkuat kerjasama antara UMP dan UTM,” katanya.

Shofi mengatakan 7 peserta PPL Internasional terdiri dari tiga mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan empat mahasiswa dari jurusan olahraga. Mereka dibagi di tiga sekolah yang telah ditunjuk pihak kampus. Adapun pembagiannya sebagai berikut; Amira Binti Mohamad dan Nurul Azwani Binti Sulaiman ditempatkan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, dan Nur Alwani Syahirah Binti Azmi dan Muh. Yusof Bin Mat Yasin ditempatkan di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto sementara Ain Suraya Binti Harun, Nurul Athirah Binti Ali serta Raja Farrah Wahida Binti Raja Idris ditempatkan di SMA Negeri 3 Purwokerto. (cah)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini