Fakultaria
Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Skill Lulusan FK UMP
Jumat 5 Oktober 2018      Fakultaria
Jalin Kerjasama untuk Meningkatkan Skill Lulusan FK UMP

Untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya mahasiswanya agar semakin baik, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu hal yang dilakukan yaitu dengan mengadakan hubungan kerjasama antara FK UMP dan Rumah Sakit Salatiga.

Melalui wawancara yang dilakukan bersama Dekan Fakultas Kedokteran UMPdr. Mambodyanto, S.H., MMRpada Sabtu (2/10) waktu yang lalu, ia mengatakan bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UMPdengan Walikota Salatiga.Kerjasama itu akan ditindaklanjuti  dengan diadakannya perjanjian kerjasama antara Dekan FK UMPdr. Mambodiyanto, SH. MMR., dengan Direktur Rumah Sakit Salatiga dr. Sri Pamuji.

“Intinya bahwa FK harus menggandeng RS kelas B pendidikan dan untuk menjadi RS Pendidikan itu ada beberapa RS pendidikan yang pokok dari RS pendidikan utama, artinya sesuai dengan UU No. 29 Tahun 2004, RS pendidikan utama adalah sebagian besar mahasiswa yang belajar di RS tersebut”, ungkapnya.

Perjanjiantersebut menyangkutproses pembelajaran dipendidikan utama, dimana kebijakan dari PP Muhammadiyah sesuai dengan UU dan PP Nomor 93 Tahun 2016, bahwa setiap FK yang belum memiliki spesialis hanya memiliki satu RS pendidikan utama.

“Angkatan Kedua FK UMP dikirim ke Salatiga sebanyak 47 anak, awalnyabekerjasama dengan RS Slawi, sampai saat ini tetap tetapi kalau surat dari Kemenkes turun dan menjadikan RS Salatiga menjadi RS pendidikan utama, maka nantinya sebagian besar di Salatiga sebagain kecil di Slawi. Dulu angkatan pertama sejumlah 50 di RS Slawi”, tambahnya.

Lebih lanjut Mambo mengatakan bahwa kerjasama ini berlangsung selama lima tahun. Keuntungannya kerjasama ini akan menciptakan mahasiswa FK yang memiliki kompetensi unggulan dan memudahkan mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas RS Salatiga untuk mengembangkan skillnya.

“Kita selaku dekan harus berfikir matang untuk membentuk mahasiswa yang  cerdas, religius, bisa diterima masyarakat dan mampu bersaing dengan FK yang lainnya”, tutupnya. (Adl/ Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini