Fakultaria
Mahasiswa FEB UMP Dibekali Kompetensi Perbankan Syariah Bidang Frontliner
Selasa 10 Juli 2018      Fakultaria
Mahasiswa FEB UMP Dibekali Kompetensi Perbankan Syariah Bidang Frontliner

Dalam rangka untuk mengenalkan dan melatih kemampuan mahasiswa  di bidang perbankan syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  mengadakan pelatihan Perbankan Syariah Bidang Frontliner pada 9-14 Juli 2018. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Khasanah Institut (KI) dan diikuti oleh 44 mahasiswa FEB UMP. 

Menurut Restu Frida Utami, S.E., M.Si., selaku Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan bahwa Perbankan Syariah Bidang Frontliner akan diagendakan rutin  setiap tahun di bulan Juli. Yang mana dari pelatihan tersebut outputnya  akan melakukan program magang di sembilan Bank yang telah menjalin kerja sama dengan FEB UMP.

“Setelah diberikan pelatihan atau pembekalan materinya kemudian di bulan Agustusnya akan dilanjutkan  praktik magang dengan tujuan untuk melatih agar mempunyai kompetensi dalam perbaankan syariah di bagian frontliner “, ungkapnya.

Lebih lanjut Restu menjelaskan bahwa materi yang diberikan kepada peserta meliputi materi dasar tentang perbankan syariah, jobdesk masing-masing bagian di bidang frontliner, dan pengenalan produk-produk dari perbankan syariah.

“Melihat dari materi yang diberikan , sebenarnya kegiatan ini dibuka untuk masyarakat umum dan alumni UMP mengingat pekerjaan di bidang perbankan syariah membutuhkan kompetnsi yang dibuktikan dengan mengikuti pelatihan yang telah dilakukan oleh FEB UMP,” tambahnya.

Salah satu fasilitator pelatihan yaitu Firdaus Effendi S.H.,M.H menyampaikan seputar tata kelola dan manajemen risiko dalam dunia Perbankan Syariah. Menurutnya Bank adalah perusahaan jasa yang pendapatannya diperoleh dari interaksi dengan nasabah sehingga risiko kerap kali dijumpai.

“Dengan adanya materi tata kelola, diharapkan nantinya akan menumbuhkan pemahaman pengawasan melekat, yang merupakan fungsi sangat penting dalam aktivitas operasional” tambah Effendi.

Pelatihan dilanjutkan dengan simulasi praktik di Mini Bank di  Loboratorium Perbankan Syariah FEB UMP, etika kerja islami dan beauty class untuk peserta.(Agp/ Sls/Han)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini