Berita
Geliat pembangunan infrastruktur UMP mantabkan sarana-prasarana mahasiswa
Rabu 12 Februari 2020      Berita
Geliat pembangunan infrastruktur UMP mantabkan sarana-prasarana mahasiswa

Kerja keras jajaran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dengan memacu pembangunan infrastruktur di kampus membuahkan hasil positif sehingga dapat mendukung serta memantapkan sarana dan prasarana mahasiswa. 

"Untuk pembangunan dalam waktu dekat ini ada lima, yakni pembangunan masjid, pembangunan gedung perkuliahan Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Farmasi, dan rumah sakit," kata Wakil Rektor UMP Bidang Keuangan dan Aset Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si. di Purwokerto.

Menurut dia, UMP akan membangun masjid yang tergolong megah di kompleks Kampus II, Jalan Letjen Soeparjo Rustam KM 7, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, dan peletakan batu pertamanya telah dilakukan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir pada tanggal 13 April 2019.

Ia mengatakan masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 2.634 meter persegi dan terdiri atas empat lantai.

"Bila sudah selesai dibangun, masjid yang letaknya di tepi jalan ini akan menjadi masjid terbesar dan termegah di Banyumas," jelasnya.

Menurut dia, masjid yang dibangun dengan empat lantai dengan ketentuan satu lantai untuk aula berkapasitas 4.000 orang, satu lantai untuk masjid, satu lantai untuk wisma, dan satu lantai untuk kawasan ekonomi.

"Jadi, ketika ada orang yang sedang melakukan perjalanan jauh butuh istirahat, atau punya acara di Purwokerto, masjid itu bisa dipakai, seperti masjid di Yogyakarta itu Jogokariyan, mereka sudah punya penginapan. Jadi kalau ada tamu bisa menginap disitu," katanya. 

Menurut dia, pembangunan masjid tersebut juga direncanakan sebagai awal pengembangan Kampus II UMP.

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan akselerasi pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan terus dilakukan UMP karena selain membangun masjid di Kampus II, saat ini UMP juga sedang membangun gedung 10 lantai di Kampus I serta akan membangun gedung perkuliahan Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi, dan rumah sakit di Karangsoka.

"Arahan Pak Rektor, di Kampus II untuk segera dibangun masjid dengan empat lantai, gedung Fikes 13 lantai, dan Fakultas Kedokteran 10 lantai sesuai dengan masterplan yang telah direncanakan," jelasnya.

Ia mengatakan UMP telah memiliki izin dari Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait dengan pembangunan rumah sakit. 

"Bahkan, kemarin dari pemda meminta agar rumah sakit untuk segera diurus. Rencana kita bangun rumah sakit di Karangsoka, yang Alhamdulillah sudah ada lampu hijau dari Pemkab Banyumas," katanya.

Terkait dengan pembangunan gedung kuliah untuk Fakultas Farmasi, dia mengatakan pihaknya juga berencana membangun gedung laboratorium farmasi dan OSCE (Objective Structured Clinical Examination) untuk ujian praktik apoteker yang rencananya terdiri atas tiga lantai. (tgr) 

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait